Tuesday, December 3, 2013

" Kebiasaan Orang Indonesia Menurut Orang Jepang "




Profesor Nagano, Staf pengajar Nihon University, memberikan kuliah intensive course dalam bidang Asian Agriculture di IDEC Hiroshima University. Beliau sering menjadi konsultan pertanian di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.
Ada beberapa hal menggelitik yang beliau utarakan sewaktu membahas Indonesia.


Berikut adalah uraiannya :

Quote:1. Orang Indonesia Suka Rapat dan Membentuk Berbagai Macam Manitia

Setiap ada kegiatan, orang Indonesia selalu rapat terlebih dahulu, tentunya dengan konsumsi. Setelah Rapat, dibentuklah kepanitiaan. Kemudian, diskusi berulang kali, saling kritik, dan setiap orang merasa idenya yang paling benar. Akhirnya, pelaksanaan tertunda. Padahal, tujuan program tersebut sebenarnya baik


Quote:2. BJK (Budaya Jam Karet)

Selain beliau, ane sudah beberapa kali bertemu dengan orang asing yang pernah ke Indonesia. Ketika ane tanya "Kebudayaan apa yang menurut Anda terkenal di Indonesia?"
Dengan Spontan, mereka menjawab "Jam Karet". ane tertawa, tetapi sebetulnya malu dalam hati. Sudah sebegitu parahkah disiplin kita?


Quote:3. Kalau Bisa Dikerjakan Besok, Mengapa Tidak?

Jika orang lain berprinsip, kalau bisa dikerjakan sekarang, mengapa ditunda besok? Namun, prinsip orang Indonesia malah "Kalau bisa dikerjakan besok, mengapa tidak?" Ane pernah malu oleh tudingan sensei ane sendiri tentang orang Indonesia. Beliau mengatakan, orang Indonesia mempunyai budaya menunda-nunda pekerjaan


Quote:4. Umumnya, Tidak Mau Turun Ke Lapangan

Beliau mencontohkan ketika dia hendak memberikan pelatihan kepada para petani. Pendamping beliau dari direktorat pertanian datang dengan safari lengkap. Padahal sensei ane sendiri sudah datang dengan pakaian kerja serta sepatu bot.
Pejabat tersebut hanya memberikan petunjuk tanpa turun ke sawah. Mengapa? Karena mereka datang dengan memakai safari, bahkan ada yang berdasi.
Begitulah beliau menggambarkan orang Indonesia yang hebat sekali dalam bicara dan memberikan instruksi, tetapi jarang yang mau turun langsung ke lapangan.

Post a Comment

Powered by Blogger.
Credits