Wednesday, December 4, 2013

DMDI Internasional, SMAN 2 Prabumulih Wakili Sumsel


DMDI Internasional, SMAN 2 Prabumulih Wakili Sumsel

23 Okt 2013

PRABUMULIH, PP - Tampaknya prestasi membanggakan ditampilkan oleh SMA Negeri 2 Palembang. Buktinya, dipercaya mewakili Provinsi Sumatera Selatan untuk menjadi penampil dalam Dunia Melayu Dunia Islam ke XIV yang akan digelar di Malaka, Malaysia akhir bulan Oktober ini.

Kepala SMA Negeri 2 Prabumulih, Hj Tin Martini MM didampingi pembina Koreografi Teni Aryani SPd menyatakan keberangkatan ke Malaka ini atas undangan tuan rumah, Malaka-Malaysia."Kami diundang tuan Rumah Malaka, untuk tampil di DMDI k XIV," jelas Hj Tin Martini, Rabu (23/10) kepada sejumlah media.

Supaya tampil prima dan totalitas, setidaknya para siswa telah satu bulan melakukan geladi resik tarian yang akan mereka tampilkan. Hj Tin Martini mengatakan bahwa fihaknya menggarap tarian dengan adat Rambang, yaitu Betimbang, yang menceritakan masyarakat membayar nazar sebagai rasa syukur atas pencapaian cita-cita.

"Selain diiringi dengan upacara sedekah dusun dan doa-doa oleh tokoh agama dan guru spritual. Di akhir tarian para penari akan berteriak pecah timbangan berarti nazar sudah terbayarkan dan cita-cita sudah tersampai," jelasnya.

Tin Martini menambahkan, dalam tarian tersebut pihaknya menampilkan sendra tari yaitu gabungan drama dan tari yang akan terdiri dari 17 orang, serta multi talenta seperti olahraga, masak, menari, nyanyi yang berisi syiar islam dalam lagu. Hal ini akan dipadukan dalam satu paket yang akan ditampilkan dalam durasi 25 menit.

DMDI ke XIV sendiri akan berlangsung pada tanggal 24-30 Oktober 2013. Dan akan bersaing dengan perwakilan negara lainnya, untuk memperebutkan juara. (bmg/nd))
somasi : Posmetro

Post a Comment

Powered by Blogger.
Credits