Wednesday, December 4, 2013

Ketika Daerah Lain di Sumsel Sudah, Prabumulih Belum


Ketika Daerah Lain di Sumsel Sudah, Prabumulih Belum

16 Okt 2013

PRABUMULIH, PP - Kendati sudah dua kali digelar, Siswa asal Prabumulih  belum pernah duduk di Parlemen Remaja DPR RI Senayan Jakarta. Untuk diketahui Parlemen Muda (Youth Parliament Indonesia) merupakan wadah edukasi dan sosialisasi demokrasi dan partisipasi politik kepada pemuda Indonesia melalui sidang parlemen remaja, dan pemanfaatan jejaring sosial.

Sementara itu parlemen remaja indonesia (PRI) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada remaja (siswa SMU) tentang proses pembuatan kebijakan publik serta institusi-institusi pendukungnya, melembagakan, mendidik dan meningkatkan kemampuan remaja tentang betapa penting demokrasi  melalui pelaksanaan simulasi Parlemen Indonesia (DPR-RI).


Jika Selama ini sidang digedung MPR/DPR RI hanya diikuti oleh para anggota dewan yang dipilih dari beberapa wilayah di Indonesia, kali ini beberapa orang siswa asal propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dari sejumlah sekolah yang tersebar di Sumsel, akan mengikuti sidang DPR RI di gedung senayan.

Untuk Tahun 2013 tercatat ada enam  orang siswa-siswi asal Sumsel yang berhasil masuk ke Parlemen di Senayan Jakarta untuk mengikuti sidang layaknya anggota DPR RI. Mereka merupakan perwakilan Sumsel yang dinyatakan lolos seleksi sebagai peserta Parlemen Remaja 2013 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswa Universitas Indonesia bekerjasama dengan Sekretariat Jenderal DPR RI yang akan berlangsung 25-28 Oktober mendatang di Jakarta, informasi ini berdasarkan rilis nama yang dirilis http://mahasiswa.ui.ac.id.

Tahun ini, Parlemen Remaja mengangkat tema “Dari Pemuda untuk Bangsa”, para peserta tersebut akan mengikuti serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan berupa pembekalan materi parlemen yang dipusatkan di Wisma DPR daerah Griya Sabha, Kopo, Cisarua, Bogor mulai 25 – hingga 27 Oktober 2013. Mereka juga akan mengikuti simulasi sidang DPR RI yang berlangsung 28 Oktober 2013 di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta.

Adapun enam pelajar tersebut berasal dari 3 sekolah berbeda di Sumsel, 1 orang dari SMAN 3 Kayu Agung  bernama Alamsyah, 3 orang dari SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III masing-masing Haiman, Arif Fitridi, Risda Intan  Sistyawati dan Nur Islamia ditambah satu orang siswa dari SMAN 2 Sekayu yakni Lidiya Novelendah

Parlemen Remaja kali kedua ini berhasil menjaring 129 siswa-siswi pilihan dari berbagai daerah di Indonesia. Semoga untuk Tahun berikutnya siswa siswi asal kota Prabumulih mampu menempati Parlemen remaja di Jakarta. Amin (pp/01)

Publikasi : Posmetro

Post a Comment

Powered by Blogger.
Credits