Wednesday, December 4, 2013

Sejarah Penciptaan Tokoh kartun legendaris

film kartun sejatinya dibuat untuk menghibur, baik itu untuk anak-anak hingga orang dewasa.
bahkan sebagian orang menganggap film kartun itu sudah menjadi bagian dari hidup mereka.
dari sekian banyak film kartun, ada beberapa yang tetap melakat pada hati seseorang tanpa bisa dimakan oleh waktu, sehingga tanpa disadari beberapa dari film kartun itu menjadi sesuatu yang legendaris.

dari beberapa kartun yang bisa dikatakan legendaris, ane mencoba untuk membahas sejarah penciptaan mereka., cekibrot gan!!


Quote:Bugs Bunny - Looney Toons
Quote:Ketika kebanyakan orang berpikir dari kelinci, mereka berpikir dari karakter kartun legendaris, Bugs Bunny. Bagi mereka yang tidak tahu siapa Bugs Bunny, dia adalah kelinci abu-abu dari Looney Tunes dan Merrie Melodies. Menurut biografi fiksi nya, Bugs Bunny lahir 1940 di Brooklyn, NY. Karakter Bugs Bunny dipengaruhi oleh karakter lama Disney, Max Hare. Bugs Bunny muncul dalam kartun pendek pertamanya pada tahun 1938 , berjudul Porky Hare Hunt. Kartun pendek ini disutradarai oleh Ben Hardaway dan Cal Dalton. dimana julukan Ben Hardaway adalah " bug ".

Salah satu adegan yang paling diingat dari kartun Bugs Bunny adalah dimana ketika Bugs muncul dari sebuah lubang kelinci dan mengucapkan kutipan yang sekarang menjadi sangat terkenal " ada apa, Dok? " ke Elmer Fudd . Pada penampilan televisi ketujuh Bugs Bunny , ia akhirnya mendapat nama Bugs Bunny .

Spoilerfor Ben Hardaway

Spoilerfor penampakan perdana bugs bunny


Quote:Trivia:
Serial Looney Tunes sebenarnya mempunyai nama yang hampir mirip dengan nama serial kartun yang dikeluarkan oleh disney yaitu Silly Shimphony.

Quote:Mickey Mouse - Walt Disney
Quote:Mickey Mouse adalah karakter kartun yang menjadi ikon hewan bagi The Walt Disney Company yang diciptakan oleh Ub Iwerks pada tahun 1920-an dengan perjuangan keras. mickey mouse telah berkembang tidak hanya menjadi sekadar tokoh kartun yang menjadi salah satu ikon yang begitu terkenal di dunia.

Tahun 1928, Disney kehilangan hak atas karakter Oswald, dan melakukan banyak pemecatan terhadap staffnya. Disney kemudian meminta Ub Iwerks, yang tetap bekerja, untuk menggambar karakter baru. Iwerks berusaha menggambar kodok, anjing, dan kucing namun tidak satupun dari desain-desain ini memenuhi harapan Disney.. Ub Iwerks akhirnya mendapat inspirasi dari sebuah gambar tua. Pada tahun 1925, Hugh Harman menggambar beberapa sketsa tikus di samping foto Walt Disney. Gambar ini menginspirasikan Ub Iwerks untuk membuat sebuah karakter tikus untuk Disney, yang kemudian dinamai Mickey Mouse. Oleh karena hal ini, Iwerks dapat dikatakan sebagai pencipta awal Mickey Mouse karena bukan Disney melainkan Iwerks yang menciptakan karakter ini.

Mickey mouse direka ada tahun 1928 dan yang menjadi pengisi suara adalah walt Disney sendiri. Disney merayakan kelahiran Mickey pada 18 November 1928 dengan penampilan perdana mickey dalam animasi Steamboat Williem. Walt Disney membekalkan suara Mickey Mouse dari tahun 1928-1946 apabila penata kesan bunyi James G. MacDonald mengambil alih. Mickey kemudian disuarakan oleh Wayne Allwine. Namun, setelah kematian Allwine pada tahun 2009 Mickey kini disuarakan oleh Bret Iwan.

Spoilerfor Ub Iwerks

Spoilerfor penampakan perdana mickey mouse

Quote:Trivia:
Para karakter kartun disney (mickey mouse, donal duck, dll) pernah berada dalam satu film yang sama dengan karakter kartun looney tunes (bugs bunny, daffy duck, dll). Yaitu pada film yang berjudul Who Framed Roger Rabbit yang diproduksi pada tahun 1988.

Quote:Tom & Jerry - MGM
Quote:Tokoh kartun kucing dan tikus yang terkenal selalu bermusuhan. Dengan gaya kocak, tokoh kartun ini saling kejar, saling intip, saling mengakali, saling pukul, tapi enggak mati-mati. Di dalam film, masing-masing ingin saling tangkap dan membalas. Berbagai bentuk akal bulus pun mereka lakukan.

William Hanna dan Joseph Barbera (yang kemudian dikenal dengan nama Hanna-Barbera) adalah pencipta tokoh kartun ynag fenomenal ini. Begini cerita awalnya. Ketika melihat kucing menerkam tikus di dapurnya pada suatu hari, mendadak Hanna mendapatkan ide untuk menjadikan permusuhan sebagai sesuatu yang lucu. Lantas, keduanya segera membuat naskah dan kartun Tom & Jerry pada 1932 bersama Studio Van Beuren. Saat itu, keduanya masih bekerja di majalah sebagai pembuat gambar kartun atau kartunis.

Produser Fred Quimby, yang mengoperasikan studio animasi MGM, cepat-cepat menarik Hanna dan Barbera dari kartun satu-shot lain, yangmereka kerjakan, dan penugasan sebagai seri yang menampilkan kucing dan tikus. Hanna dan Barbera mengadakan kontes intra-studio untuk memberikan pasangan nama baru dengan nama yang diusulkan gambar yang keluar dari topi; animator John Carr memenangkan $ 50 dengan saran nama cocok: Tom and Jerry. Kartun ini dirilis dengan episode "The Midnight Snack".

Spoilerfor HannaBarbera

Spoilerfor penampakan perdana tom and jerry

Quote:Trivia:
Dari beberapa ratus episode Tom and Jerry, hanya tiga belas episode yang menyatakan Tom keluar sebagai pemenang pada akhirnya.

Quote:Spongebob Squarepants - Nickelodeon
Quote:Stephen Hillenburg mengajar dan belajar biologi kelautan di Orange County Ocean Institute. Kemudian ia menulis sebuah buku komik yang disebut, The Intertidal Zone, dalam komik tersebut terdapat co-host yang menyerupai spons laut yang sebenarnya, inilah cikal bakal terciptanya karakter SpongeBob.

Pada tahun 1999 Hillenburg mulai bekerja di dengan Nickelodeon dan mulai memproduksi serial kartun SpongeBob SquarePants. Awalnya SpongeBob adalah diberi nama SpongeBoy tapi nama itu sudah digunakan. Setelah mencari tahu, dia memutuskan bahwa nama karakter yang diberikan masih harus memiliki "Sponge" sehingga penonton tidak akan berpikir karakter tersebut terbuat dari keju. Hillenburg memutuskan untuk menggunakan nama "SpongeBob." Dia memilih "SquarePants" sebagai nama keluarga seperti yang dimaksud bentuk persegi karakter.

Spoilerfor Hillenburg

Spoilerfor penampakan perdana spongebob

Quote:Trivia:
Tanggal lahir Sponge Bob adalah: 14 Juli 1986. Surat Izin Mengemudi (SIM) pernah muncul di episode “Sleepy Time” dan “No Free Rides.” Dalam 2 episode itu, nomor SIM-nya adalah A1356021, Alamat Sponge Bob adalah: 124 Conch St. Bikini Bottom.

Quote:Doraemon
Quote:Sebenarnya doraemon bukan termasuk cartoon melainkan anime karena berasal dari jepang., namun karena anime dan cartoon jika dibahasa indonesiakan sama-sama kartun, jadi ane masukin aja 

Fujiko F. Fujio merupakan pencipta dari serial komik dan kartun Doraemon yang merupakan salah satu anime/manga tersukses di Jepang. Sebenarnya Fujiko F. Fujio merupakan nama pena dari Fujimoto Hiroshi, ia dilahirkan di provinsi Toyama pada tanggal 1 Desember 1933 dan wafat pada tanggal 23 September 1996. Sebelumnya nama pena Fujiko Fujio (tanpa inisial ‘f’ ditengahnya) merupakan nama pena yang dibuat oleh Fujimoto Hiroshi bersama Motoo Abiko yang dilahirkan pada tanggal 10 Maret 1934.

Pada bulan November tahun 1969. Fujimoto Hiroshi, membuat pengumuman komik bersambung terbarunya di majalah anak-anak untuk kelas 4 SD. Waktu itu belum disebutkan apa komiknya maupun tokoh utamanya. Fujimoto saat itu memang belum menemukan ide bagaimana dan seperti apa komiknya. Jalan-jalan di taman ia tak menemukan ide. Sampai di rumah ia teringat dengan kucing liar yang pernah tinggal dengannya. Tapi idenya belum keluar. Ia lalu bermalas-malasan di sofa. Ia ketiduran. Lalu bangun dengan kaget, tersandung mainan.

Seketika ide itu muncul: kucing, anak laki-laki pemalas, dan mainan. “Ketemu!” katanya, “sepertinya ini bisa.” Doraemon kemudian muncul dengan ide dasar begini: seorang bocah pemalas kedatangan robot kucing dari masa depan yang bisa mengeluarkan benda-benda berguna dari kantungnya. Nama

Doraemon sebenarnya diciptakan dari 2 patah kata: Dora & Emon. Dora adalah semacam plesetan dari “Nora” yg berasal dari “Nora-Neko” yakni stray cat. Emon adalah semacam kata tambahan tradisional untuk nama dari manusia atau binatang yg berjenis kelamin laki-laki, misalnya Ishikawa Goemon. Secara harafiah, nama Doraemon bisa diartikan “Stray male cat” (kucing liar jantan)

Spoilerfor Fujiko F. Fujio

Spoilerfor penampakan perdana doraemon

Quote:Trivia:
Doraemon memiliki berat 129,3 kg (285 lbs) & tingginya 129,3 cm (4’3 “). Ia bisa berlari sampai 129,3 km / jam (80,3 mph) ketika ketakutan & melompat 129,3 cm (424,2 kaki) ketika terancam bahaya. Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm. lingkar kepalanya & lingkar da&ya adalah 129,3 cm. Kakinya berdiameter 129,3 mm. Ia diproduksi pada September 3, 2112 (lagi-lagi 12/9/3), di Pabrik Robot Matsushiba.

Post a Comment

Powered by Blogger.
Credits