Wednesday, December 4, 2013

Jenis Jenis Ikan Pleco dengan Warna unik


Spoilerfor Hypancitrus Zebra

Hypancitrus Zebra atau zebra ditemukan di Sungai Amzon. Ikan ini memiliki corak tubuh berwarna hitam dan putih menyerupai zebra. Corak hitam hypancitrus zebra berbentuk lingkaran penuh yang menyelubungi insang dan mulut. Corak putihnya melintang horizontal pada setengah bagian tubuhnya, dari pangkal ekor hingga insang.

Quote:
Spoilerfor Scarlet Pleco

Scarlet berasal dari Rio Xingu, Brazil. Tubuh scarlet berwarna biru gelap dan bertotol-totol. Kulit tubuhnya berbuku-buku dan runcing. Sirip punggung scarlet lebih besar daripada sirip perutnya. Pada sirip-sirip scarlet terdapat selimut bergurat kuning. Scarlet dewasa dapat mencapai panjang 30 – 40 cm.


Quote:
Spoilerfor Leopard Pleco

Leopard atau Pseudacanthicus cf Leopardus ditemukan di Rio Negro, Brazil. Pleco ini disebut leopard karena memiliki corak tubuh yang hamper sama dengan leopard. Yaitu bertotol-totol hitam besar di atas dasar putih kekuningan. Leopard dewasa panjangnya 25-30 cm.


Quote:
Spoilerfor Leopard Frog Pleco

Leopard frog pleco dapat ditemukan di Sungai Tapajos. Leopard frog pleco memiliki corak tubuh seperti katak liar yang terdapat di Amazon. Leopard frog Pleco merupakan Pleco yang berukuran sedang, karena panjang tubuhnya ketika dewasa hanya berkisar 10-15 cm.


Quote:
Spoilerfor Royal Pleco

Royal Pleco atau Panaque Nigroliatus dapat ditemukan di dasar Sungai Teles Pires, Brazil. Tubuh royal pleco berwarna kebiruan dengan corak guratan hitam memanjang dari sungut hingga ekor. Royal pleco termasuk pleco berukuran besar, karena ketika dewasa panjangnya dapat mencapai 30-40 cm.


Quote:
Spoilerfor Golden Royal Line Pleco

Golden royal line pleco ditemukan di Venezuela. Corak tubuh ikan ini berupa garis horizontal berwarna coklat yang menyelubungi seluruh tubuhnya kecuali pada bagian sirip punggung. Golden royal line pleco memiliki ujung sirip ekor transparan. Ketika dewasa, ika ini panjangnya berkisar 15 cm.


Quote:
Spoilerfor Broken Line Royan Pleco
Penampilan fisik ikan ini menyerupai golden royal line pleco. Perbedaanya terletak pada corak horizontalnya yang berwarna kebiruan dan tampak terputus-putus. Corak dasar tubuh ikan ini berwarna biru dengan sirip ekor transparan. Broken royal line pleco dewasa dapat mencapai panjang 30-40 cm.

Quote:
Spoilerfor Para Pleco

Para Pleco atau Hypostomus sp berasal dari Rio de Para, Brazil. Para pleco memiliki ocrak tubuh bertotol-totol hitam di atas dasar putih kekuningan. Totol yang dimiliki ikan ini semakin ke belakang semakin besar. Panjang tubuh para pleco dewasa dapat mencapai 20-25 cm.


Quote:
Spoilerfor King Tiger Pleco

King teigr pleco atau peckoltia sp berasal dari Rio Xingu dan memiliki corak seperti harimau. Corak tubuh ikan ini berwarna putih dan hitam. King tiger pleco termasuk ikan sapu-sapu kecil, karena king tiger pleco dewasa hanya berukuran 10-15 cm.


Quote:
Spoilerfor Small Spotted Cat

Small spotted cat atau Chaestoma sp berasal dari Sungai Amzon yang melintas di Venezuela. Corak tubuhnya biru kehitaman dengan totol putih dari kepala hingga sirip punggung. Small spotted cat dewasa panjangnya hanya 10-12 cm.


Quote:
Spoilerfor Big Spot Hypostomus

Big Spot Hypostomus memiliki corak dasar warna kuning abu-abu, ikan ini disebut big spot karena memiliki totol-totol besar yang menyelimuti seluruh tubuhnya.


Quote:
Spoilerfor Xingu Peppermint Pleco

Xingu peppermint pleco atau parancitrus sp dapat ditemukan di Rio Xingu, Brazil. Corak tubuh ikan ini berwarna hitam dengan totol kecil berwarna putih di sekujur tubuhnya. Panjang Xingu peppermint pleco dewasa sekitar 25-30 cm.


Quote:
Spoilerfor Xingu Baryancitrus

Xingu baryancitrus atau bayancitrus sp berasal dari Rio Xingu, Brazil. Corak tubuhnya dihiasi totol-totol kuning dengan warna tubuh yang semakin pekatke arah sirip punggung. Panjang tubuh xingu baryancitrus dewasa mencapai 20-25 cm.


Quote:
Spoilerfor Violet Red Pleco

Violet red Bruno ditemukan di sepanjang aliran sungai Amazon. Ikan ini memiliki pupil berwarna kebiruan. Corak tubuh ikan ini berwarna ungu atau violet yang semakin terang pada bagian sirip tubuhnya. Pada tubuhnya terdapat corak berwarna kehitaman pada sirip punggung.


Quote:
Spoilerfor Red Fin Cactus Pleco

Nama latin ikan ini adalah Pseudacanthicus serratus, habitat asli ikan ini adalah Rio Tocantis, Brazil. Ikan ini memiliki cirri khas sirip punggung berwarna merah. Sisik-sisik tubuhnya yang berwarna biru kecoklatan dan menonjol seperti duri pohon kaktus memanjang dari pangkal insang hingga pangkal ekor. Red fin cactus dewasa panjangnya mencapai 60 cm.


Quote:
Spoilerfor Golden Nugget Pleco

Gold nugget pleco dapat ditemukan di Rio Xingu, Brazil. Tubuh gold nugget pleco dipenuhi oleh totol-totol berwarna keemasan di atas dasar tubuh berwarna coklat dan hitam. Panjang tubuh gold nugget dewasa mencapai 30-35 cm.

Post a Comment

Powered by Blogger.
Credits